KONSEP SAFETY AND FEMINISM SPACE DALAM PENJARA KHUSUS WANITA

Authors

  • Raksa Maulana Subki Program Studi Arsitektur, Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi Indonesia (ST-INTEN)
  • Risti Nurianti Program Studi Arsitektur, Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi Indonesia (ST-INTEN)

Keywords:

Wanita, Penjara

Abstract

Perkembangan dan kemajuan dunia saat ini nampak semakin kompleks dengan berbagai macam perilaku manusia atau tindakan. Pola pemikiran dan tindakan yang diungkapkan tidak saja dalam bentuk pola pemikiran atau aksi aksi '' positif '', Namun, ada juga bentuk tindakan '' negatif '' yang membahayakan orang lain atau diri mereka sendiri. '' Tindakan '' negatif biasanya disebut kejahatan.

Penjara wanita harus memberi tempat yang nyaman dan aman untuk wanita, tanpa mengurangi sistem hukuman di dalam penjara.

Faktanya di indonesia belum adanya sebuah penjara wanita yang memenuhi kebutuhan wanita, dan lebih parah nya lagi banyak narapidana wanita yang memiliki anak usia batita berada didalam 1 sel bersama narapidana lainnya. seharusnya anak batita yang berada bersama ibunya harus berada didalam sel khusus agar tidak mengganggu psikologis dari anak tersebut.Ruang-ruang didalam penjara banyak ditemukan ruang tersebut kurang nyaman dan kurang aman untuk mereka.dimana ruang yang kumuh, gelap membuat banyak narapidana wanita menjadi depresi dan tidak sedikit yang berakhir dengan bunuh diri.

Downloads

Published

2021-03-17

How to Cite

Maulana Subki, R. ., & Nurianti, R. . (2021). KONSEP SAFETY AND FEMINISM SPACE DALAM PENJARA KHUSUS WANITA. Jurnal Arsitektur Archicentre, 2(1), 36–49. Retrieved from https://journal.inten.ac.id/index.php/archicentre/article/view/18