PENERAPAN ARSITEKTUR ORGANIK PADA GEDUNG SARANA OLAHRAGA KABUPATEN GARUT

Authors

  • Arief Perdana Putra Program Studi Arsitektur, Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi Indonesia (ST-INTEN )
  • Dadan Hamdani Zamil Program Studi Arsitektur, Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi Indonesia (ST-INTEN )

Keywords:

Gedung Olahraga Indoor, Sarana Olahraga, Arsitektur Organik

Abstract

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat penting bagi perkembangan fisik maupun mental masyarakat. Memadukan kegiatan olahraga, rekreasi dan edukasi merupakan sesuatu yang positif untuk mendukung perkembangan kehidupan olahraga yang modern. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia yang terus berkembang, banyak kegiatan olahraga yang disempurnakan dan diperlombakan sebagai kegiatan pemersatu masyarakat baik lokal maupun internasional.

Salah satu upaya dalam menunjang peningkatan kebutuhan olahraga adalah menghadirkan suatu sarana dan prasarana olahraga. Sarana olahraga yang telah ada di Kabupaten Garut  saat ini tidak representatif dan belum memenuhi standar sehingga diperlukan suatu sarana dan prasarana olahraga baru yang disediakan dalam suatu lokasi dan terdiri dari beberapa massa utama yang meliputi fasilitas Olahraga Indoor (olahraga bola basket, olahraga bola voli, dan olahraga badminton / Bulutangkis) dan Fasilitas olahraga Outdoor (olahraga bola voli, jogging trek, sketboard, climbing). Selain itu terdapat pula fasilitas pendukung berupa Kantor Pengelola dan fasilitas komersial berupa ruang baca, food court dan retail untuk penjualan peralatan dan aksesoris untuk olahraga.

Untuk mewujudkan Sarana olahraga yang dimaksud, maka digunakan pendekatan tema Arsitektur Organik. Dimana arsitektur Organik adalah sebuah filosofi arsitektur yang mengangkat keselarasan antara tempat tinggal manusia dan alam melalui desain yang mendekatkan dengan harmonis antara lokasi bangunan, perabot, dan lingkungan menjadi bagian dari satu komposisi, dipersatukan dan saling berhubungan satu sama lain . Dengan demikian diharapkan Gedung Olahraga ini akan dapat menjawab kebutuhan olahraga yang representatif dan memenuhi standarisasi sehingga dapat memberikan pelayanan baik secara rekreasi, edukasi maupun kompetisi.

Downloads

Published

2021-03-17

How to Cite

Perdana Putra, A. ., & Hamdani Zamil, D. . (2021). PENERAPAN ARSITEKTUR ORGANIK PADA GEDUNG SARANA OLAHRAGA KABUPATEN GARUT. Jurnal Arsitektur Archicentre, 1(2), 58–69. Retrieved from https://journal.inten.ac.id/index.php/archicentre/article/view/10

Most read articles by the same author(s)